Blog

21 Hari Untuk Menciptakan Kebiasaan Baru

Kebiasaan baik apa yang ingin kamu ciptakan tahun ini? 

Seorang teman yang bijak pernah berkata kepada saya: “Hanya perlu 21 hari untuk menciptakan kebiasaan baru”. Saya tergugah. Saya selalu ingin memiliki kebiasaan baru untuk berolahraga setiap hari. Saya tahu olahraga itu sangat sehat dan baik untuk tubuh saya. Tetapi, seperti banyak manusia lain yang saya tahu, entah kenapa sulit sekali membuat saya berkomitmen untuk berolahraga.

Tahun ini, saya bertekad untuk berolahraga setiap hari. Saya berpikir, “21 hari” sepertinya tidak mustahil. Saya mencoba jogging .. Gagal. Saya mencoba Yoga .. Gagal. Saya mencoba Zumba .. Hanya mampu melakukannya 3 hari .. dan Gagal. Saya mencoba berenang .. AKHIRNYA .. 7 hari berlalu, saya merasa gugup, saya sudah berenang setiap hari dan saya cukup menikmatinya. Selain itu, tubuh saya bisa merasakan perbedaannya. Saya bisa tidur lebih nyenyak dan ketika bangun saya merasa sudah cukup tidur. Saya tidak merasakan sakit punggung lagi. Biasanya, ketika saya bangun dari tidur, atau ketika saya duduk atau jongkok dalam waktu yang cukup lama, saya merasakan punggung saya sakit ketika saya mencoba untuk berdiri. Sebelum berenang setiap hari, saya mudah merasa lelah, tetapi sekarang, saya merasa sangat segar dan bugar.  Merasa lebih berenergi. 

Saya telah melewati 21 hari, dan saya sangat bersyukur mengatakan bahwa saya bisa berenang setiap hari (kecuali saat hujan dan guntur yang terjadi sangat jarang). Saya merasa positif karena saya menyadari bahwa saya melakukan sesuatu yang baik untuk tubuh saya dan tubuh saya menghargainya.

Setelah menikah, saya pergi berenang bersama suami dan putra kami di klub olahraga dekat rumah kami. Kami pergi 3 hari seminggu (Senin, Rabu dan Jumat jam 8-9 pagi).  Kami tidak berenang setiap hari karena jadwal kegiatan kami yg cukup padat, dan karena menurut referensi yang saya baca dari beberapa sumber tepercaya di internet: “Olahraga apa pun yang menarik bagi Anda, jika berkomitmen untuk melakukannya setidaknya tiga puluh menit, tiga kali seminggu serta dikombinasikan dengan pola makan dan gaya hidup yang seimbang dan sehat adalah salah satu cara terbaik untuk tetap bugar dan sehat serta mempertahankan pandangan mental yang positif. ” Untungnya suami saya pada dasarnya adalah orang yang berkomitmen / disiplin, jadi saya agak terpengaruh dengan kecenderungan disiplinnya.

Berikut beberapa tips dari saya untuk menanamkan kebiasaan baru yang positif:

  1. Temukan inspirasi. Saya teringat salah satu teman saya mengatakan bahwa dia mengenal seorang wanita berusia 80 tahun yang masih terlihat berusia 50 tahun (dia masih terlihat sangat sehat dan bugar) dan ternyata wanita ini berenang setiap hari selama satu jam. Saya ingin menjadi seperti wanita itu.
  2. Temukan teman (setidaknya di awal). Saya ingat tidak mudah bagi saya untuk menemukan teman untuk berolahraga bersama saya. Banyak orang menginginkan hasil yang baik tetapi hanya sedikit yang bersedia membayar harganya. Saya senang Tuhan mengasihani saya. Secara kebetulan, saya menemukan seorang teman baik yang tinggal di dekat apartemen saya dan menikmati berenang juga. Selama beberapa hari kami berenang bersama. Setelah itu, walaupun dia sering tidak bisa datang lagi, saya bisa berenang sendiri.
  3. Temukan jadwal yang tepat. Bagi saya, ini adalah pukul 18.30. Mungkin ini tidak ideal, tetapi ini adalah jam yang paling cocok untuk jadwal saya. Pekerjaan saya biasanya dimulai jam 7 pagi, jadi terlalu dini untuk berenang. Ketika saya tidak bekerja, saya lebih memilih untuk tidur lebih lama. Selain itu, pada malam hari saya biasanya sudah di rumah dan kolam sudah tidak ramai lagi. Saya selesai berenang sekitar jam 7:30 malam dan saya merasa segar. Saya bisa terus bekerja sampai jam 10 malam atau sekedar menikmati malam dengan bersantai atau menonton film.
  4. Temukan tujuan yang realistis dan dapat dicapai. Saya penasaran bahwa hanya perlu 21 hari untuk menciptakan kebiasaan baru. Sepertinya tidak terlalu lama dan membayangkan imbalan setelah 21 hari tampaknya membuat saya merasa tidak terlalu sulit. Saya menargetkan berenang selama 10 lap (sekitar 30 menit non stop) setiap kali.
  5. Temukan metode yang cocok untuk Anda (dalam kasus saya, untuk berolahraga setiap hari). Saya mencoba beberapa jenis olahraga (jogging, zumba, yoga) sebelum akhirnya saya menemukan bahwa renang adalah olahraga yang setidaknya bisa saya nikmati. Secara keseluruhan, saya akan mengatakan berenang membuat saya merasa lebih positif tentang diri saya sendiri.  Pandemic Corona sempat membuat saya tegang dan gelisah.  Namun saya bisa bilang bahwa berenang 3x seminggu membuat perasaan saya lebih baik dan merasa lebih bahagia.

Ini adalah kisah saya, orang yang sebelumnya sangat malas berolahraga menjadi konsisten berolahraga. Goal saya berikutnya adalah membentuk kebiasaan baru belajar bahasa Jerman. Apalagi sekarang saya menikah dengan pria warga negara Jerman. Saya sangat ingin dapat berbicara dalam bahasa Jerman dengan lancar.

Bagaimana dengan Anda? Jika Anda ingin meningkatkan kepercayaan diri, menambah satu lagi keahlian bahasa adalah salah satu cara yang efektif. Jika Anda mau, hanya dalam 21 hari Anda mampu membentuk kebiasaan berlatih bahasa Jerman setiap hari. TimO Institut bisa menjadi teman yang mendampingi Anda. Menguasai Bahasa Jerman merupakan jembatan penting untuk karir Anda maupun masa depan yang lebih baik dalam “menguasai dunia. Dan pastinya, dengan fasih berbahasa Jerman Anda akan lebih percaya diri. 

Akhir kata, saya harap cerita saya akan memotivasi Anda untuk menciptakan satu kebiasaan positif dalam hidup Anda di tahun ini. Semoga berhasil!

 Keyword: cepat belajar bahasa Jerman, kursus Jerman online, kursus Jerman Serpong, kursus Jerman BSD, TimO Institut

One thought on “21 Hari Untuk Menciptakan Kebiasaan Baru

  1. Pingback: Pengalaman Belajar Bahasa Jerman – TimO Institut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *