Blog

PLURAL

Dalam bahasa Indonesia, kita menjelaskan konsep “Plural” hanya dengan mengulang atau menambahkan kata”banyak” untuk menunjukkan bahwa jumlah benda atau objek ada lebih dari satu. 

Contoh: 

  • Mobil itu (berarti hanya ada satu mobil).  
  • Mobil-mobil itu (berarti jumlah mobil ada banyak atau lebih dari satu).  

Tidak ada perubahan dalam kata benda “mobil“. 

Dalam Bahasa Jerman, konsep “Plural” ditunjukkan dengan menggunakan artikel “die” dan merubah substantiv (kata bendanya).   

Contoh:

  • der Tisch (ada satu meja atau singular) –  die Tische (meja ada lebih dari satu atau plural)  
  • die Lampe (singular) –  die Lampen (plural)
  • das Auto (singular)  –  die Autos  (Plural)

Kalau kamu perhatikan, semua artikel berubah menjadi “die” dan juga terdapat perubahan kata benda saat menjadi plural, seperti: Tisch berubah menjadi Tische, Lampe menjadi Lampen, Auto menjadi Autos.   

Bagaimana kita bisa tahu bagaimana perubahan substativ dari semua kata plural.  Tidak ada cara lain selain menghafalkannya.  

Cek website berikut untuk membantu kamu melihat artikel dari setiap Substantiv/ kata benda:

https://der-artikel.de

Kamu bisa cek link di atas: https://der-artikel.de/ dan membuat tabel untuk semua kata benda yang paling sering kamu gunakan atau kamu juga bisa berlatih membuat kalimat dengan kata benda plural.  

Rumus atau peraturan dalam slide di atas mungkin akan sedikit membantu kamu dalam menghafal perubahan substantiv dalam kata benda plural.   Tapi Timo pribadi tidak terlalu bergantung pada “rumus” atau §peraturan”.  Karena pada kenyataannya, banyak sekali “PERKECUALIAN” dalam rumus atau peraturan bahasa Jerman yang malahan akan membuat kamu bingung.

Untuk membuat moment menghafal kamu lebih fun, Timo sarankan kamu bisa menginstal aplikasi DUOLINGO.  Aplikasi ini bisa di download di playstore dan kamu bisa banyak berlatih game-game pelajaran bahasa Jerman termasuk berlatih artikel der die das dan bentuk plural.  

Berikut video cara menginstal aplikasi duolinggo di HP kamu.

Nah, tidak susah kan untuk membuat kalimat dalam bahasa Jerman. Sekarang, coba kamu berlatih membuat kalimat dalam bahasa Jerman ya.

Jika kamu memang serius ingin bisa lanjut studi ataupun bekerja di Jerman, TimO Institut bisa membantu kamu untuk belajar bahasa Jerman dan siap ujian. Setelah kamu lulus ujian B1, TimO juga akan memberikan konsultasi dan bimbingan GRATIS untuk studi ataupun bekerja di Jerman.

Kenapa memilih kursus bahasa Jerman di TimO Institut?

☑ Tutor berkualitas dan berpengalaman dalam mengajar bahasa Jerman (latar belakang pendidikan Germanistik). Tutor juga bisa berbagi pengalaman selama mereka tinggal di Jerman (sebagian Tutor bahkan masih tinggal di Jerman).

☑ Setiap murid akan mendapatkan satu akun personal di Platform online Pembelajaran (Learning Management System) yang dapat diakses setiap saat, jadi murid tidak akan pernah ketinggalan materi pelajaran.

☑ TimO Institut memiliki tim yang berlokasi baik di Indonesia maupun di Jerman. Murid akan diberikan konsultasi dan bimbingan GRATIS untuk studi ataupun bekerja di Jerman.

☑ Tersedia beragam jadwal Program yang sesuai dengan kesibukan kamu seperti:  Les Privat ONLINE (1 pengajar 1 murid), Kursus Reguler (pertemuan 1 x seminggu), kursus akhir pekan OFFLINE (setiap hari Sabtu atau Minggu), Kursus intensiv OFFLINE (pertemuan 3x seminggu), dsb.

Untuk mendaftar atau mendapatkan informasi lebih lanjut  silakan WhatsApp: ☎ 0821 1274 9591

Gapai mimpi kamu ke Jerman bersama TimO Institut!

#studygerman  #A1sprechen  #A1prüfung #studienkolleg #ausbildung#kursusjerman#LearnGerman#Germanlanguage#kursusjermanterdekat #kesehatanmental #timoinstitut

#kursusjermannative #kursusjermanmurah  #kursusjermanonline #kursusjermanserpong #kursusjermantangerang  #orangjerman   #kebiasaanorangjerman  #prüfungb1 

#goetheinstitut   #ausbildung  #opportunitycard  #bluecard  #bekerjadijerman   #lesjerman  #lesjermanterdekat 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *