Blog

BESTIMMTER & UNBESTIMMTER ARTIKEL

PENGGUNAAN ARTIKEL untuk KATA TENTU & TIDAK TENTU

Menurut tata bahasa Jerman terdapat tiga jenis kata benda yaitu Maskulin, Feminin dan Neutral. Ketiga kata benda tersebut selalu diikuti oleh sebuah artikel.  Artikel terdiri dari :

  • Unbestimmter Artikel (ein,eine,ein)
  • Bestimmter Artikel (der,die,das)
  • Nullartikel – (tanpa artikel)

Terkadang kita ingin membahas benda yang sudah jelas, misalnya the book (buku itu, bukan yang lain!) atau a book (sebuah book, terserah apa saja).
Oleh karena itu, artikel dibedakan atas bestimmter vs. unbestimmter Artikel.

A. Unbestimmter Artikel
Artinya sebuah/ seekor/ seorang/ secangkir/ dsb. dalam bahasa Indonesia atau “a/ an” dalam Bahasa Inggris.  Unbestimmter Artikel dipergunakan untuk benda atau objek yang tidak tentu atau pertama kali disebut.  Biasanya hanya dipergunakan untuk kata benda dalam bentuk singular (satu).

B. Bestimmter Artikel
Artinya “the” dalam bahasa Inggris.  Dalam bahasa Indonesia kita tidak menggunakan Bestimmter artikel, sehingga sangat dimengerti jika konsep Bestimmter artikel sering membuat murid Indonesia Bingung.  Dalam bahasa Jerman, Bestimmter Artikel dipergunakan untuk benda atau objek yang sudah diketahui pasti oleh sipembicara, dan sipendegar juga mengetahui hal yang dibicarakan.  Sesuatu yang disebut ulang dan akan diterangkan lebih lanjut.  

Das ist ein Tisch.  Der Tisch ist groß.

Das ist ein Haus. Das Haus ist klein.

Das ist eine Rose. Die Rose ist schöne.

Das sind Rosen.  Die Rosen sind rot.

C. Nullartikel

biasanya dipergunakan untuk objek yang tidak bisa dihitung kuantitasnya atau objek yang kuantitasnya Plural. 
Contoh:

  • “Ich mag Reis.” (Saya suka nasi).  
  • “Wo kann ich hier Fahrkarten kaufen?”  (Dimana saya bisa membeli tiket?). Tiket yang dimaksud di sini maksudnya umum, tidak spesifik menunjuk tiket yang khusus.  
  • “Gibt es hier Toiletten?” (Apakah di sini ada Toilet?)

 

NEGATION (Kein / Keine)

Ist das ein Elefant?

Nein, das ist kein Elefant.  Das ist ein Hund.

LATIHAN: Sekarang tugas kamu adalah memodifikasi kalimat dengan merubah Bestimmter artikel menjadi Unbestimter artikel “ein” (sebuah ) dan Negationsartikel “kein” 

Contoh:

Der Man ist hier.  (Pria itu ada di sini)

Jawab:

  • Ein Mann ist here. (Seorang pria ada di sini)
  • Kein Mann ist here. (Tidak ada seorang pria di sini)

Modifikasi kalimat di bawah ini seperti contoh:

1. Der Wecker klingelt. (Jam weker itu berdering)

2. Der Krankenwagen kommt schnell. (Ambulan itu datang dengan cepat).

3. Der Engel fliegt durch die Luft. (Malaikat itu terbang membelah udara). 

4. Die Tasche ist voller Geld. (Tas itu penuh uang)

5. Die Katze ist schwarz. (Kucing itu hitam)

6. Die Uhr ist hängt an einer Kette. (Jam itu tergantung pada sebuah rantai)

7. Das Buch handelt von Dracher. (Buku itu berisi tentang Naga)

8. Das Flugzeug ist in der Luft. (Pesawat itu berada di udara)

9. Das Puzzle ist fast fertig. (Puzzle itu hampir selesai).

10. Das Feuer brennt. (Api itu terbakar).

 Berikut contoh kalimat menggunakan artikel Unbestimmter (ein / eine), Bestimmter (der / die / das) dan Negasi (kein / keine) artikel

Sekarang tugas kamu yang kedua adalah membuat 10 kalimat lagi menggunakan kombinasi  artikel Unbestimmter (ein / eine), Bestimmter (der / die / das) dan Negasi (kein / keine) artikel.

Jika kamu memang serius ingin bisa lanjut studi ataupun bekerja di Jerman, TimO Institut bisa membantu kamu untuk belajar bahasa Jerman dan siap ujian. Setelah kamu lulus ujian B1, TimO juga akan memberikan konsultasi dan bimbingan GRATIS untuk studi ataupun bekerja di Jerman.

Kenapa memilih kursus bahasa Jerman di TimO Institut?

☑ Tutor berkualitas dan berpengalaman dalam mengajar bahasa Jerman (latar belakang pendidikan Germanistik). Tutor juga bisa berbagi pengalaman selama mereka tinggal di Jerman (sebagian Tutor bahkan masih tinggal di Jerman).

☑ Setiap murid akan mendapatkan satu akun personal di Platform online Pembelajaran (Learning Management System) yang dapat diakses setiap saat, jadi murid tidak akan pernah ketinggalan materi pelajaran.

☑ TimO Institut memiliki tim yang berlokasi baik di Indonesia maupun di Jerman. Murid akan diberikan konsultasi dan bimbingan GRATIS untuk studi ataupun bekerja di Jerman.

☑ Tersedia beragam jadwal Program yang sesuai dengan kesibukan kamu seperti:  Les Privat ONLINE (1 pengajar 1 murid), Kursus Reguler (pertemuan 1 x seminggu), kursus akhir pekan OFFLINE (setiap hari Sabtu atau Minggu), Kursus intensiv OFFLINE (pertemuan 3x seminggu), dsb.

Untuk mendaftar atau mendapatkan informasi lebih lanjut  silakan WhatsApp: ☎ 0821 1274 9591

Gapai mimpi kamu ke Jerman bersama TimO Institut!

#studygerman  #A1sprechen  #A1prüfung #studienkolleg #ausbildung#kursusjerman#LearnGerman#Germanlanguage#kursusjermanterdekat #kesehatanmental #timoinstitut

#kursusjermannative #kursusjermanmurah  #kursusjermanonline #kursusjermanserpong #kursusjermantangerang  #orangjerman   #kebiasaanorangjerman  #prüfungb1 

#goetheinstitut   #ausbildung  #opportunitycard  #bluecard  #bekerjadijerman   #lesjerman  #lesjermanterdekat 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *