Blog

Die Verbkonjugation

Konjugasi Kata Kerja dalam bahasa Jerman

Verben atau kata kerja adalah kata yang menunjukkan aktivitas atau tindakan, seperti: essen (makan), springen (lompat), gehen (pergi), dsb. Untuk membuat kalimat dalam bahasa Jerman, biasanya subjek dan verb selalu bersama-sama. Verb memiliki akhiran yang akan berubah atau terkonjugasi mengikuti subjeknya.  

Dalam bahasa Jerman, perubahan verben atau kata kerja terbagi menjadi: regelmaßige Verben dan Unregelmaßige Verben. 

Pada regelmaßige Verben, konjugasi kata kerjanya biasanya teratur dan sesuai formula. Contoh: Untuk subyek ‘Ich’ hampir selalu konjugasi verben nya memiliki akhiran -e. Ich spreche, Ich esse, Ich gehe, usw. 

Contoh: Verben “Wohnen (tinggal)” 

  • Ich wohne in München. (Saya tinggal di München) 
  • Und du? Wo wohnst du? (Dan kamu? Kamu tinggal dimana?) 
  • Wohnen Sie auch in München? (Apakah Anda juga tinggal di München?)

Perhatikan tabel di bawah ini:

Ingat! Konjugasi regelmaßige Verben memiliki pola akhiran yang sama jadi lebih mudah untuk dihafalkan!

Bacalah paragraf berikut dan tandai kata yang merupakan kerja (verben) beraturan (regelmaßige Verben).  Gunakan “google translate” untuk membantu kamu menerjemahkan teks di bawah. 

Montagmorgen, halb sieben. Der Wecker klingelt. Lisa hasst Montagmorgen, wieder liegt eine lange Woche vor ihr. Sie bleibt noch ein paar Minuten im Bett. Dann holt sie die Kleider aus dem Schrank und geht ins Bad. Sie duscht und macht sich fertig. Sie rennt aus dem Haus, der Bus wartet nicht auf sie. Die Eltern sitzen noch in der Küche und reden. Sie gehen erst später aus dem Haus. 

Jawab: klingelt, bleibt, holt, geht, duscht, rennt, wartet, sitzen, gehen. 

Berikut adalah contoh regelmaßige Verben “sagen” “hören” dan “machen” yang terkonjugasi secara teratur mengikuti subjeknya. 

Sekarang tugas kamu adalah melengkapi tabel di bawah, dengan konjugasi verben yang tepat sesuai dengan Subjeknya.

———————————————————————————-

Untuk unregelmaßige Verben, konjugasi kata kerjanya tidak beraturan atau tidak ada formulanya, jadi memang harus dihafalkan.  Contoh: Ich bin, Ich will, Ich muss, usw. 

Contoh:

  • Ich bin Timo. (Saya adalah Timo). 
  • Du bist meine beste Freundin. (Kamu adalah sahabat saya) 
  • Sie sind Frau Schiller. (Anda adalah Ibu Schiller). 

Perhatikan tabel di bawah ini:

Ingat!  kata kerja tidak beraturan (unregelmaßige Verben) tidak memiliki pola akhiran yang sama (jadi harus dihafalkan)!  

Bacalah paragraf berikut dan tandai kata yang merupakan kata kerja unregelmaßige Verben. Gunakan “google translate” untuk membantu kamu menerjemahkan teks di bawah.

Als Lisa zur Haltestelle kommt, fahrt der Bus gerade. Sie wartet nicht auf den nächsten, denn dann kommt sie zu spät. Deshalb lauft sie zur Schule. In der großen Pause isst sie ein Brot und trinkt schnell einen Tee aus dem Automaten. Sie spricht noch kurz mit ihrem Biolehrer, dann läuft sie zu Yvonne und Clara. Die drei Freundinnen treffen sich nach der Schule und fahren gemeinsam in die Stadt. Am Abend nimmt Lisa den Bus nach Hause. 

Jawab: fahrt, isst, läuft, spricht, nimmt.

Berikut adalah contoh irreguler Verben “essen” “fahren” dan “nehmen” yang terkonjugasi mengikuti subjeknya. 

TIPS! Silakan klik link berikut untuk membantu kamu dalam mengkonjugasikan semua Verben bahasa Jerman 

https://conjugator.reverso.net/conjugation-german-verb-gebracht.html

Sekarang tugas kamu adalah melengkapi tabel di bawah, dengan konjugasi verben yang tepat sesuai dengan Subjeknya. 

Tugas kamu yang kedua adalah: Baca contoh kalimat bahasa Jerman di bawah. Tandai kata yang merupakan subjek dan verb nya. 

  1. Wie heißt du? (Nama kamu siapa?) 
  2. Felix Bahr wohnt in Berlin. (Felix Bahr tinggal di Berlin) 
  3. Ich heiße Paula. (Saya bernama Paula) 
  4. Hallo, mein Name ist Timo. (Hallo, nama saya Timo). 
  5. Ich habe sehr viel Arbeit. (Saya punya banyak kerjaan).

Jawab: 

  1. Wie heißt du? (Subjek: du – Verb: heißt) 
  2. Felix Bahr wohnt in Berlin. (Subjek: Felix Bahr – Verb: wohnt) 
  3. Ich heiße Paula. (Subjek: Ich – Verb: ist) 
  4. Hallo, mein Name ist Timo. (Subjek: mein Name – Verb: ist) 
  5. Ich habe sehr viel Arbeit. (Subjek: Ich – Verb: habe & arbeit)

Dengan memahami cara memodifikasi penggunaan verb-verb ini akan sangat membantu kamu untuk lebih pede dalam mengekpresikan perasaan atau pendapat kamu dalam bahasa Jerman. 

————————————————————————————

Video di bawah ini membahas penggunaan beberapa kata kerja atau “verb” yang sangat sering digunakan dalam percakapan bahasa Jerman

Berikut adalah 100 verben atau kata kerja yang paling sering digunakan dan contohnya dalam kalimat.  Tonton dan dengarkan dengan seksama struktur kalimatnya.  MENGGUNAKAN HEADSET akan sangat membantu kamu dalam mendengar pengucapan dari native speaker sehingga jelas terdengar.  Beli HEADSET dengan kualitas yang baik dan selalu pergunakan headset terutama saat belajar HÖREN (mendengarkan audio dan video).  Salin ulang semua contoh kalimat dalam video ini ke dalam flashcard dan tandai subjek dan verben nya.  Baca berulang-ulang flashcard setiap hari saat kamu di toilet atau sebelum tidur

Nah, tidak susah kan untuk membuat kalimat dalam bahasa Jerman. Sekarang, coba kamu berlatih membuat kalimat dalam bahasa Jerman ya.

Jika kamu memang serius ingin bisa lanjut studi ataupun bekerja di Jerman, TimO Institut bisa membantu kamu untuk belajar bahasa Jerman dan siap ujian. Setelah kamu lulus ujian B1, TimO juga akan memberikan konsultasi dan bimbingan GRATIS untuk studi ataupun bekerja di Jerman.

Kenapa memilih kursus bahasa Jerman di TimO Institut?

☑ Tutor berkualitas dan berpengalaman dalam mengajar bahasa Jerman (latar belakang pendidikan Germanistik). Tutor juga bisa berbagi pengalaman selama mereka tinggal di Jerman (sebagian Tutor bahkan masih tinggal di Jerman).

☑ Setiap murid akan mendapatkan satu akun personal di Platform online Pembelajaran (Learning Management System) yang dapat diakses setiap saat, jadi murid tidak akan pernah ketinggalan materi pelajaran.

☑ TimO Institut memiliki tim yang berlokasi baik di Indonesia maupun di Jerman. Murid akan diberikan konsultasi dan bimbingan GRATIS untuk studi ataupun bekerja di Jerman.

☑ Tersedia beragam jadwal Program yang sesuai dengan kesibukan kamu seperti:  Les Privat ONLINE (1 pengajar 1 murid), Kursus Reguler (pertemuan 1 x seminggu), kursus akhir pekan OFFLINE (setiap hari Sabtu atau Minggu), Kursus intensiv OFFLINE (pertemuan 3x seminggu), dsb.

Untuk mendaftar atau mendapatkan informasi lebih lanjut  silakan WhatsApp: ☎ 0821 1274 9591

Gapai mimpi kamu ke Jerman bersama TimO Institut!

#studygerman  #A1sprechen  #A1prüfung #studienkolleg #ausbildung#kursusjerman#LearnGerman#Germanlanguage#kursusjermanterdekat #kesehatanmental #timoinstitut

#kursusjermannative #kursusjermanmurah  #kursusjermanonline #kursusjermanserpong #kursusjermantangerang  #orangjerman   #kebiasaanorangjerman  #prüfungb1 

#goetheinstitut   #ausbildung  #opportunitycard  #bluecard  #bekerjadijerman   #lesjerman  #lesjermanterdekat 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *