Blog

PRÄPOSITIONEN MIT AKKUSATIV oder DATIV

Membedakan kasus Akkusativ dengan Dativ bisa dengan melihat preposisi atau kata penghubung yg digunakan.  

Kalimat yang menggunakan kata penghubung seperti: bis, durch, für, gegen, ohne dan um selalu menggunakan kasus Akkusativ, seperti contoh berikut ini:   

Silakan tonton video berikut untuk melihat lebih banyak contoh penggunaan preposisi akusativ dalam kalimat. 

https://www.youtube.com/watch?v=jYwG5_jIvNMu0026t=159s

Sedangkan kalimat yang menggunakan kata penghubung: ab, aus, außer, bei, gegenüber, mit, von dan zu, selalu menggunakan Dativ, seperti contoh berikut ini:  

Silakan tonton video berikut untuk melihat lebih banyak contoh penggunaan preposisi Dativ dalam kalimat. 

https://www.youtube.com/watch?v=RUmX3qfF-iQu0026t=162s

Tapi ada juga beberapa kata penghubung seperti: in, an, zwischen, neben, über, auf, hinter dan unter yang bisa menggunakan akusativ atau dativ tergantung konteks situasinya.  

WECHSELPRÄPOSITIONEN mit DATIV & AKKUSATIV

Ada beberapa kata preposisi/ kata sambung yang mungkin menggunakan kasus Akkusativ atau Dativ tergantung situasinya, seperti: in, an, zwischen, neben, über, auf, hinter dan unter.  

Secara singkat:

Jika situasi menunjukkan pergerakan, maka menggunakan kasus Akkusativ. Contoh: Ich gehe in die Schule. (Saya pergi ke sekolah.  Die Schule tetap die Schule. Dalam kasus Akkusativ tidak ada perubahan untuk artikel ‘die’).

Jika situasi menunjukkan “konstan”, maka menggunakan kasus Dativ. Contoh: Ich bin in der Schule.  (Saya ada di sekolah.  Die Schule berubah jadi der Schule.  Dalam kasus Dativ, artikel die berubah jadi der).

Berikut adalah contoh penggunaan wechseln präposition menggunakan kasus Dativ (ruhe position)

Sekarang ubah kalimat di atas menjadi kasus Akkusativ (dengan menggunakan bewegung verben)  

Contoh:

  • Die Katze geht in den Kuhlschrank. 

————————————————————

Untuk mendengar penjelasan yang lebih detail dan melihat contoh-contoh kalimat menggunakan präposition, silakan tonton video berikut:

Nah, tidak susah kan untuk membuat kalimat dalam bahasa Jerman. Sekarang, coba kamu berlatih membuat kalimat dalam bahasa Jerman ya.

Jika kamu memang serius ingin bisa lanjut studi ataupun bekerja di Jerman, TimO Institut bisa membantu kamu untuk belajar bahasa Jerman dan siap ujian. Setelah kamu lulus ujian B1, TimO juga akan memberikan konsultasi dan bimbingan GRATIS untuk studi ataupun bekerja di Jerman.

Kenapa memilih kursus bahasa Jerman di TimO Institut?

☑ Tutor berkualitas dan berpengalaman dalam mengajar bahasa Jerman (latar belakang pendidikan Germanistik). Tutor juga bisa berbagi pengalaman selama mereka tinggal di Jerman (sebagian Tutor bahkan masih tinggal di Jerman).

☑ Setiap murid akan mendapatkan satu akun personal di Platform online Pembelajaran (Learning Management System) yang dapat diakses setiap saat, jadi murid tidak akan pernah ketinggalan materi pelajaran.

☑ TimO Institut memiliki tim yang berlokasi baik di Indonesia maupun di Jerman. Murid akan diberikan konsultasi dan bimbingan GRATIS untuk studi ataupun bekerja di Jerman.

☑ Tersedia beragam jadwal Program yang sesuai dengan kesibukan kamu seperti:  Les Privat ONLINE (1 pengajar 1 murid), Kursus Reguler (pertemuan 1 x seminggu), kursus akhir pekan OFFLINE (setiap hari Sabtu atau Minggu), Kursus intensiv OFFLINE (pertemuan 3x seminggu), dsb

Untuk mendaftar atau mendapatkan informasi lebih lanjut  silakan WhatsApp: ☎ 0821 1274 9591

Gapai mimpi kamu ke Jerman bersama TimO Institut!

#studygerman  #A1sprechen  #A1prüfung #studienkolleg #ausbildung#kursusjerman#LearnGerman#Germanlanguage#kursusjermanterdekat #kesehatanmental #timoinstitut

#kursusjermannative #kursusjermanmurah  #kursusjermanonline #kursusjermanserpong #kursusjermantangerang  #orangjerman   #kebiasaanorangjerman  #prüfungb1 

#goetheinstitut   #ausbildung  #opportunitycard  #bluecard  #bekerjadijerman   #lesjerman  #lesjermanterdekat 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *