Blog

KASUS NOMINATIV, AKKUSATIV & DATIV

Jika kamu ingin merangkai kalimat dalam bahasa Jerman dengan baik dan benar, maka kamu harus paham dan mampu menggunakan “kasus”.  Waduhh, mahluk apalagikah itu?  Efeknya apa sih?  Efeknya adalah perubahan artikel kata benda dalam kalimat sesuai kasusnya. Jujur, siapa yang masih bingung perihal kasus dalam Bahasa Jerman? Jangan bingung lagi, di sini Timo akan jelaskan sampai kamu betul-betul paham.

PENTING DIINGAT:

Yang termasuk kata benda (NOMEN) dalam bahasa Jerman, termasuk: 

  • barang yang bisa dipegang seperti: der Tisch (meja), das Haus (rumah), die Lampe (lampu), die Tischen (meja-meja)
  • barang atau tempat abstrak yang tidak bisa dipegang seperti: der Traum (mimpi), das Seminar (seminar), die Himmel (surga), die Träumen (mimpi-mimpi) 
  • orang dan hewan seperti: der Vater (ayah), das Baby (bayi), die Schwester (kakak), der Hund (anjing) , das Pferde (kuda), die Katze (kucing), die Kinder (anak-anak)

APA IMPLIKASINYA.

  • Semua kata benda (Nomen) HARUS mempunyai artikel, seperti: ein/eine, der/die/das, kein/keine, mein/meine, dsb.  (artikel ditentukan oleh gender dari si benda)
  • Artikel berubah-ubah tergantung kasusnya (apakah itu kasus Nominativ / Akkusativ / Dativ)

Intinya, ada 4 kasus dalam struktur kalimat bahasa Jerman, yaitu: Nominativ, Akkusativ, Dativ dan Genitiv.   Karena sifat dari kasus Genitiv agak berbeda, maka pada modul kali ini kita akan fokus menjelaskan hanya 3 kasus saja yaitu:  Nominativ, Akkusativ dan Dativ. 

Sekarang kita akan bahas satu persatu bentuk Kasus dalam bahasa Jerman:  

Nominativ

struktur kalimat termasuk kasus Nominativ jika: 

  • Nomen (kata benda) berperan sebagai  subjek kalimat 
  • biasanya menjawab pertanyaan: Wer? Was? 
  • Kalimat menggunakan verben: sein, heißen, bleiben, werden.   
  • Artikel “der”, “die”, “das” serta plural “die” tidak ada perubahan.

Berikut contoh penggunaan kasus Nominativ dalam kalimat.

Akkusativ

struktur kalimat termasuk kasus Akkusativ jika:

  • Kalimat menggunakan preposisi:  für , bis , durch, entlang , um , gegen , ohne + wechseln präposition (vor, hinter, über, unter, neben, an, zwischen, in, auf)
  • Kalimat menggunakan verben, a.l: kaufen, nehmen, mögen, möchten, wollen, haben, lesen, hören, machen, suchen, finden, kennen (untuk melihat DAFTAR LENGKAP VERBEN AKKUSATIV silakan download link berikut ini:  https://drive.google.com/file/d/1nH6NKXxuSdtqe7qZMv-UM5mGPPYFRAJs/view?usp=sharing
  • Nomen (Kata benda) berperan sebagai objek langsung dalam kalimat. 
  • Biasanya menjawab pertanyaan: Was? atau wohin?
  • Dalam kalimat Akkusativ, artikel maskulin “der” berubah menjadi “den”. Untuk artikel yg lain (das, die) tidak ada perubahan

Berikut contoh penggunaan kasus Akkusativ dalam kalimat.

Dativ

struktur kalimat termasuk kasus Dativ jika: 

  • Kalimat menggunakan preposisi: aus , bei, mit, nach, seit, von, zu, gegenüber, ab, äußer + wechseln präposition (vor, hinter, über, unter, neben, an, zwischen, in, auf)
  • kalimat menggunakan verben a.l. :  helfen, glauben, antworten, gefallen, gehören, gratulieren, passen, passieren, schmeken, weh tun  (DAFTAR LENGKAP VERBEN DATIV silakan download link berikut ini: https://drive.google.com/file/d/1nH6NKXxuSdtqe7qZMv-UM5mGPPYFRAJs/view?usp=sharing  ) 
  • Nomen (kata benda) berperan sebagai objek tidak langsung/ objek kedua dalam kalimat. (Definisi objek tidak langsung = kepada siapa objek langsung dilakukan / diberikan).
  • biasanya menjawab pertanyaan: Wem? atau wo?)
  • Dalam kalimat Dativ, artikel “der” & “das” berubah menjadi “dem”, artikel “die” berubah menjadi “der”, artikel plural “die” berubah menjadi “den”

Berikut contoh penggunaan kasus Dativ dalam kalimat.

Bagaimana cara membedakan,  kapan kita menggunakan kasus Nominativ / Akkusativ / Dativ?   Sebetulnya ada trik yang gampang kalau kamu perhatikan polanya, sehingga lebih mudah buat kamu dalam menghafalnya. 

Silakan pelajari tabel di bawah sampai kamu betul-betul paham.  Tabel berikut merupakan ringkasan untuk memahami kasus Nominativ / Akkusativ / Dativ

Karena orang termasuk kata benda (PRONOMEN) dalam bahasa Jerman, maka artikelnya pun mengalami perubahan.  Berikut dalah perubahan artikel untuk Personal Pronomen Artikel untuk Akkusativ dan Dativ.

Coba amati penggunaan kasus Nominativ, Akkusativ dan Dativ pada kalimat-kalimat di bawah ini.  Semoga bisa lebih membantu pemahaman kamu mengenai konsep perubahan artikel pada kasus Nominativ, Akkusativ dan Dativ. 

Untuk saat ini tidak usah panik kalau kamu merasa belum betul-betul paham.  Dengan terus melakukan kegiatan language immersion setiap hari maka tanpa kamu sadari kamu akan terbiasa dengan struktur kalimat bahasa Jerman.  Insting kamu akan terasah akan cara berbicara yang natural seperti native speaker.   

PENTING:  Walapun kamu melakukan kegiatan language immersion, artikel der die das HARUS TETAP DIHAFALKAN.  Ini merupakan fondasi untuk lanjut ke level berikutnya.  Gunakan tools seperti Flashcard, google form, text book, dsb..  untuk membantu kamu menguasai sebanyak mungkin kata benda berikut artikel nya.  

Pastikan pemahaman kamu mengenai cara membedakan kasus Nominativ Akkusativ dan Dativ sudah betul-betul mantab sebelum naik ke modul berikutnya!!!!

TimO Institut bisa membantu kamu untuk belajar bahasa Jerman dan siap ujian. Setelah kamu lulus ujian B1, TimO juga akan memberikan konsultasi dan bimbingan GRATIS untuk studi ataupun bekerja di Jerman.

Kenapa memilih kursus bahasa Jerman di TimO Institut?

☑ Tutor berkualitas dan berpengalaman dalam mengajar bahasa Jerman (latar belakang pendidikan Germanistik). Tutor juga bisa berbagi pengalaman selama mereka tinggal di Jerman (sebagian Tutor bahkan masih tinggal di Jerman).

☑ Setiap murid akan mendapatkan satu akun personal di Platform online Pembelajaran (Learning Management System) yang dapat diakses setiap saat, jadi murid tidak akan pernah ketinggalan materi pelajaran.

☑ TimO Institut memiliki tim yang berlokasi baik di Indonesia maupun di Jerman. Murid akan diberikan konsultasi dan bimbingan GRATIS untuk studi ataupun bekerja di Jerman.

☑ Tersedia beragam jadwal Program yang sesuai dengan kesibukan kamu seperti:  Les Privat ONLINE (1 pengajar 1 murid), Kursus Reguler (pertemuan 1 x seminggu), kursus akhir pekan OFFLINE (setiap hari Sabtu atau Minggu), Kursus intensiv OFFLINE (pertemuan 3x seminggu), dsb

Untuk mendaftar atau mendapatkan informasi lebih lanjut  silakan WhatsApp: ☎ 0821 1274 9591

Gapai mimpi kamu ke Jerman bersama TimO Institut!

#studygerman  #A1sprechen  #A1prüfung #studienkolleg #ausbildung#kursusjerman#LearnGerman#Germanlanguage#kursusjermanterdekat #kesehatanmental #timoinstitut

#kursusjermannative #kursusjermanmurah  #kursusjermanonline #kursusjermanserpong #kursusjermantangerang  #orangjerman   #kebiasaanorangjerman  #prüfungb1 

#goetheinstitut   #ausbildung  #opportunitycard  #bluecard  #bekerjadijerman   #lesjerman  #lesjermanterdekat 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *