Blog

OPPORTUNITY CARD : Manfaatkan Peluang bekerja di Jerman!

Karena kekurangan pekerja terampil, Jerman akan kekurangan sekitar 16 juta pekerja pada tahun 2060 – tanpa bantuan tenaga kerja asing dari luar negeri. (Sumber: Kementerian Federal untuk Urusan Ekonomi dan Aksi Iklim)

Opportunity Card atau CHANCENKARTE  (secara harfiah bermakna KARTU PELUANG) merupakan solusi Negara Jerman yang sedang mengalami kekurangan tenaga kerja terampil. 

Opportunity Card (Chancenkarte) ditujukan untuk MEREKRUT tenaga profesional/terampil yang berasal dari negara diluar Uni Eropa.  Jika kamu sudah berhasil mendapatkan “opportunity card” maka kamu bisa mengajukan aplikasi visa nasional “skilled worker” di Kedutaan jerman walaupun kamu belum mendapatkan kontrak kerja dari perusahaan di Jerman.  Dan kamu akan menerima ijin tinggal di Jerman sampai dengan 1 tahun untuk mencari kerja.

Apakah kamu memenuhi kriteria untuk mendapatkan Opportunity Card?

Syarat utamanya antara lain:

  • Memiliki kemampuan Bahasa Jerman dan/atau Bahasa Inggris.
  • Memiliki gelar universitas atau memiliki skill memadai yang dibuktikan dengan ijazah atau sertifikat resmi.
  • Memiliki pengalaman kerja yang mendukung poin di atas (min. 2 tahun).
  • Usia produktif (max. 40 tahun)

Pemberian Opportunity Card berdasarkan sistem poin atau skor.  Semakin tinggi poin kamu maka akan semakin tinggi juga kesempatan mendapatkan Opportunity Card.  Faktor-faktor apa saja yang dipakai untuk perhitungan poin atau skor?

  1. Fasih berbahasa Jerman dibuktikan dengan memiliki sertifikat internasional level B2  (3 poin), level B1 (2 poin) atau level A2 (1 poin).  
  2. Fasih Berbahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat International C1 (1 poin).
  3. Usia produktif dibawah umur 35 tahun. (2 poin)
  4. Memiliki kualifikasi profesional atau izin menjalankan profesi guru, perawat, dokter, insinyur, matematika, farmasi, IT, atau profesi-profesi yang sangat dibutuhkan di Jerman (4 poin).
  5. Memiliki pengalaman profesional min. 5 tahun (3 poin) atau dua tahun (2 poin) yang didukung oleh latar belakang pendidikan atau pelatihan kejuruan yang sesuai. 

Kamu bisa mengecek berapa skor atau poin kamu dengan mengisi kalkulator poin berikut ini:

https://chancenkarte.com/en/candidates/

Jika hasil skor kamu mencapai nilai 6 poin atau lebih, maka kamu memiliki peluang besar untuk mendapatkan “Opportunity Card”.

Bagaimana cara mendaftar Opportunity Card?

Setelah mengumpulkan semua dokumen dan bukti-bukti persyaratan, kamu bisa mengisi formulir aplikasi di Kedutaan Jerman atau kantor konsulat Jerman terdekat. 

Petugas akan membantu mengecek dokumen dan memastikan bahwa kamu memenuhi kriteria untuk mendapatkan “Opportunity Card” (berdasarkan sistem poin yg sudah dijelaskan di atas).

PENTING:  Kamu bisa mulai mengajukan aplikasi Opportunity Card mulai dari 1 Juni 2024. 

Sambil menunggu dibukanya pendaftaran, mulai dari sekarang kamu bisa mulai belajar bahasa Jerman sebagai syarat dasar untuk mengajukan aplikasi “Opportunity Card”.  TimO Institut siap membantu kamu untuk belajar bahasa Jerman dan siap ujian.

Kenapa memilih kursus bahasa Jerman di TimO Institut?

☑ Tutor berkualitas dan berpengalaman dalam mengajar bahasa Jerman (latar belakang pendidikan Germanistik). Tutor juga bisa berbagi pengalaman selama mereka tinggal di Jerman (sebagian Tutor bahkan masih tinggal di Jerman). 

☑ Kamu akan mendapatkan satu akun personal di Platform online Pembelajaran (Learning Management System) yang dapat diakses setiap saat, jadi kamu tidak akan pernah ketinggalan materi pelajaran. 

☑ TimO Institut memiliki tim yang berlokasi baik di Indonesia maupun di Jerman.   Kamu akan diberikan konsultasi dan bimbingan GRATIS untuk studi ataupun bekerja di Jerman. 

☑ Tersedia beragam Program yang sesuai dengan kesibukan kamu seperti:  Les Privat ONLINE (1 pengajar 1 murid), Kursus Reguler (pertemuan 1 x seminggu), kursus akhir pekan OFFLINE (setiap hari Sabtu atau Minggu), Kursus intensiv OFFLINE (pertemuan 3x seminggu), dsb.

Untuk mendaftar atau mendapatkan informasi lebih lanjut  silakan WhatsApp: ☎ 0821 1274 9591

#kursusjermanterdekat  #kesehatanmental #timoinstitut #kursusjermannative #kursusjermanmurah #kursusjermanonline #kursusjermanserpong #kursusjermantangerang #orangjerman #bahasajermanmudah #kebiasaanorangjerman #prüfungb1  #goetheinstitut  #ausbildung #opportunitycard #bluecard #bekerjadijerman  #lesjerman #lesjermanterdekat 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *