Blog

Leben in Deutschland – ngobrol dengan Roys Pinem

Hallo Leute, kembali bersama “TimO Institut im Gespräch“ dengan host kesayangan kita Daniel Ottenberg. 

Bintang tamu kita kali ini adalah: bro Roys Pinem. 

Roy akan sharing mengenai pengalamannya hidup di Jerman.  Kenapa pilih negara Jerman? bagaimana bisa sampai di Jerman?  bagaimana bisa sekolah dan bekerja di Jerman? serta, apa saja culture shock yang pernah dialami selama hidup di Jerman. 

Kalau kamu punya cita-cita atau mimpi pergi ke jerman, langsung aja yuk kita dengerin sharingnya Roy!

Berikut yg Timo ambil dari ngobrol dengan Roy:

– Untuk sekolah di Jerman harus tetap modal tapi biaya kuliah di Jerman tetap jauh lebih murah daripada kuliah di universitas di Indonesia. Roy bilang dia hanya membayar sekitar 200 euro atau 3 jutaan untuk 1 semester guys! Setelah kamu keterima sekolah di Jerman, kamu boleh bekerja part time selama 120 hari (ini legal dan tertulis di visa studi kamu) dan gajinya sangat lumayan untuk bantu biaya hidup kamu selama tinggal di Jerman.

– Ada banyak lembaga yg bisa bantu kamu soal dana, seperti: DAAD (cek websitenya disini: https://www.daad.de/en/). Kamu juga bisa kuliah di universitas seperti SGU (#swissgermanuniv) yg punya banyak kerjasama magang dengan perusahaan di Jerman.  Atau kamu bisa bekerja sebagai Aupair/ Nanny (https://infoaupair.com/).  Selain dapat gaji, host family kamu akan membiayai kamu kursus Bahasa Jerman selama kamu kerja sama mereka.

– Ngurus birokrasi dan administrasi jadi mudah kalau semua persyaratan lengkap. Orang Jerman juga detail banget, contoh sederhana: kalau diminta foto tipe pasport jangan dikasih pas foto biasa karena akan sangat memperlama proses administrasi.

– Kalau motivasi betul dan kamu punya tujuan yg kuat untuk kuliah/ tinggal di Jerman maka akan lebih mudah menghadapi perbedaan budaya.  Contoh: jangan ngebayangin kamu bisa hidup manja seperti hidup di Indonesia. Orang jerman terkenal tepat waktu, sangat terencana dan detail.  Jadi kalau kamu masih suka ngaret atau mendadak-dadak bikin sesuatu, kamu pasti bakal susah hidup di Jerman

– Tips Roy untuk improve bahasa jerman kamu: selain banyak belajar mandiri (artikel der die das musti dihafalin guys!) kamu bisa manfaatin sosial media seperti instagram #timoinstitut  Ikutin dan pelajari setiap postingannya. Kamu juga sebaiknya join komunitas Jerman yang akan bantu kamu lebih mengenal budaya Jerman.

– Terakhir, kalau kamu mau bekerja di Jerman, Roy sarankan kamu kuliah/ sekolah dulu di Jerman sekitar 1 atau 2 tahun. Tujuannya untuk memastikan bahasa Jerman kamu sudah cas cis cus dan juga kamu sudah paham akan budaya Jerman.

Ok Leute, semoga sharing Roy bermanfaat ya! Ingat, kalau kamu punya niat sekolah atau kerja di Jerman, pasti bisa kok! TimO Institut akan siap membantu kamu mewujudkan impianmu! Tschuss..

kelasbahasajerman

tinggaldijerman2020

kerjadijerman2021

ausbildungindonesia

hidupdijerman2020

belajarbahasajermanonline

kuliahdijermangratis

grammartips

hidupdijerman

studyabroad2020

sekolahdijerman

kursusjermanserpong

kursusjermantangerang

timoinstitut

kursusjermannative

kursusjermanmurah

kursusjermanonline

kursusjermanbsd

orangjermandiindonesia

bahasajermanmudah

kebiasaanorangjerman

aupairingermany

bahasajermanonline

bahasajermandasar

bahasajermanseharihari

beasiswajerman2020

sukarelawanjerman

sekolahvokasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.