Blog

10 Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman

Berikut adalah 10 cara cepat belajar bahasa Jerman dengan menciptakan suasana mini Jerman dalam tempat tinggal Anda.

1. Berkelilinglah seputar rumah, tempelkan kertas post it (yang sudah ditulis kata jerman lengkap dengan artikel der/die/das) di semua objek/ benda di rumah Anda.

Contoh: saat Anda bangun pagi dan akan berpakaian, tempelkan post it untuk:  sisir (die Haarbürste), kaos (das Hemd), celana (die Hose), tempat tidue (das Bett), dan sprei (das Betttuch).  Kemudian, sambil  berpakaian Anda bisa berlatih membuat kalimat Jerman menggunakan kata tsb.  Contoh: “Ich ziehe mir mein Hemd an.” or “Meine Hose passt.” 

2. Selipkan Bahasa Jerman sesering mungkin yang Anda bisa dalam kegiatan sehari-hari.       

Menurut para ahli dibutuhkan sekitar 10.000 jam untuk menguasai suatu keahlian. Semakin sering Anda menggunakan bahasa Jerman semakin cepat Anda menggunakan 10.000 jam Anda.  Ubah setting Bahasa di HP atau di akun sosmed menjadi Bahasa jerman.  Setiap kali menonton film di Netflix, pilih Audio atau subtitle dalam Bahasa jerman.  Tontonlah Film-film yang memiliki pilihan audio bahasa Jerman dengan subtitle Bahasa Indonesia.  Download dan gunakan kalender dalam Bahasa Jerman. 

3. Pilih dan hafalkan satu lagu berbahasa Jerman yang Anda suka. 

Contoh: Lagu “Du” yang dinyanyikan oleh Peter Maffay dan dirilis pada tahun 1969.  Cek lagu tsb. di YouTube dan dengarkan lagu tsb. dengan memejamkan mata Anda.  Tujuannya adalah menikmati lagu tsb. dengan memaksimalkan indera pendengaran.  Kemudian, cari lirik dan terjemahan dari lagu tsb. di internet.  Dengan memahami arti dari lagu tsb. akan memudahkan Anda dalam menghafal lirik aslinya.  Hafalkan lirik lagu tsb. dan dengarkan lagu tsb. sambil ikut bernyanyi (pertama dengan bantuan teks lirik).  Setelah Anda hafal liriknya, coba ikut bernyanyi tanpa menggunakan bantuan teksnya.  Lakukan latihan ini sampai Anda betul-betul bisa mengikuti aksen dan pelafalan dari setiap kalimat di lagu tsb.  Dengan ikut bernyanyi, tanpa sadar Anda telah meningkatkan kemampuan Anda dalam artikulasi dan pelafalan kalimat-kalimat  Jerman. 

4. Bacalah komik berbahasa jerman yang memiliki banyak gambar.

Contoh: komik Peanuts atau Tintin.  Gambar yang ada dalam cerita akan sangat membantu Anda untuk mengerti dialog dan konteks dari cerita tanpa perlu lelah-lelah melihat kamus setiap kali Anda menemukan satu kalimat yang sulit.   

5. Bacalah e-majalah Berbahasa Jerman setiap pagi.

seperti: deutsch-perfekt.com (fokus di pembelajaran Bahasa Jerman), bunte.de (hiburan dan gaya hidup), Spiegel.de (politik), focus.de (berita), stern.de/neon/ (human interest dengan target audience anak muda), Zeit.de (Science), Spex.de (music & art), dsb.  Pilih satu majalah dengan topik yang Anda paling suka.  Bacalah e-majalah tsb. setiap pagi sebelum memulai aktitas anda (sambil menikmati sarapan misalnya).  Mulailah dengan membaca judul-judul yang Anda anggap menarik.  Kemudian dilanjutkan dengan memilih dan membaca 1 artikel yang menurut Anda paling menarik.  Lakukan kegiatan ini setiap pagi.   

6. Tontonlah saluran TV berita streaming, seperti: https://www.dw.com/de/tv/s-9093 sambil menikmati makan siang Anda. 

Pilih satu program berita yang menyiarkan topik yang Anda suka, contoh: Tagesschau in 100 Sekunden.  Program ini bagus karena menayangkan berita dalam 100 detik.  Tayangannya bisa Anda ulang berkali-kali sampai Anda merasa cukup memahami isi dan konteksnya.    Berdasarkan program berita yang baru saja Anda tonton, jawablah paling tidak satu dari 5 pertanyaan ini dalam selembar kertas. : “was ist passiert?” (apa yang terjadi?), “warum” (mengapa), “wo” (dimana), “wann” (kapan) dan “wer” (siapa). Lakukan kegiatan ini setiap hari selama 30 menit. 

7. Cari 1 kutipan mutiara dalam bahasa Jerman. 

Contoh kalimat: “Wo ein Wille ist, ist auch ein Weg.”  (arti: “Dimana ada kemauan, disitu pasti ada jalan”).  Tanpa melihat teks asli, tuliskan kembali kalimat tsb. di selembar kertas.  Tahan godaan untuk melirik teks asli.  (percayalah, godaannya akan sangat besar).  Setelah Anda selesai menulis, barulah Anda bandingkan dengan teks aslinya.  Lihat apakah ada kesalahan eja atau kesalahan penggunaan huruf besar.  Ulangi proses ini terus menerus sampai Anda berhasil menulis kalimat tsb. dengan sempurna tanpa ada kesalahan eja.  Setelah Anda yakin bisa menulis kalimat tsb. dengan sempurna, tulis kalimat tsb. di selembar kartu dan simpan kartu di meja sebelah tempat tidur.  Sebelum tidur, baca kartu berisi kalimat Jerman tsb.  Lakukan latihan ini 1 kalimat per hari.  Dalam 1 bulan, Anda sudah dapat menulis 30 kalimat berbahasa Jerman dengan sempurna.  Follow Instagram #timoinstitut untuk mendapatkan referensi kutipan Mutiara setiap hari.

8. Pilih 1 kata yang menarik atau menginspirasi Anda.  

Contoh:  Liebe (arti: cinta). Selama 60 detik, curahkan hati Anda terkait kata tsb. (Anda bisa menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa yang Anda kuasai dengan fasih untuk mencurahkan isi hati).   Jangan berfikir terlalu lama, terus menulis tanpa berhenti selama 60 detik.   Kuncinya adalah mencurahkan isi hati Anda tanpa khawatir ada kesalahan grammar atau ejaan.  Setelah selesai menulis, terjemahkan tulisan Anda ke dalam Bahasa Jerman menggunakan bantuan “Google Translate”.  Tuliskan kembali terjemahan Bahasa Jerman tsb. dalam selembar kertas dan minta seorang native speaker Jerman yang Anda kenal untuk memperbaiki kosa kata atau grammar dalam Tulisan Anda.  Kumpulkan dan tulis kembali hasil tulisan yang telah dibetulkan kosa kata dan grammarnya dalam satu jurnal atau diary.  Lakukan latihan ini setiap hari Minggu (atau pilih satu hari dalam 1 minggu).  Hanya dengan meluangkan 1 menit sehari, danya alam 1 tahun, Anda sudah dapat menulis 52 karangan berbahasa Jerman dengan kosa kata dan grammar yang tepat. 

9. Cari teman asli orang Jerman dimana Anda bisa berkomunikasi atau chat setiap hari menggunakan Bahasa Jerman.

10. Berlatih sendiri dari textbook atau mendaftar tempat kursus.

Pelajarilah textbook pembelajaran Bahasa Jerman yang menjelaskan prinsip-prinsip dan aturan tata bahasa Jerman dengan mudah dan menarik, seperti: textbook Studio D yang diterbitkan oleh Cornelsen atau ‘Netzwerk’ yang diterbitkan oleh Penerbit Klett. Pelajari dan kerjakan latihan-latihan yang ada di dalam textbook tsb. Pengetahuan yang ada dalam textbook tsb. akan menolong Anda tidak hanya memahami prinsip-prinsip dan aturan tata bahasa Jerman dengan baik dan benar, namun juga budaya dan pengetahuan umum tentang Jerman. 

Anda juga bisa mengikuti kursus dari TimO Institut dengan metode blended learning.  Setiap modul pembelajaran dibagi menjadi 12 minggu dan materi latihan yang dapat diakses selama 24 jam sehingga kamu bisa belajar lebih fleksibel dan disesuaikan dengan availibility jadwal kamu!  Setiap satu minggu sekali kamu akan dibimbing oleh tutor dalam sharing live session via zoom sehingga kamu tetap mendapatkan pembelajaran terstruktur yang kamu butuhkan.  Kamu juga bisa berkonsultasi gratis dengan tutor setiap saat di jam kerja dan mendapatkan akses ke group komunitas WhatsApp.  Setelah selesai proses belajar dan lolos ujian, kamu akan mendapatkan sertifikat kelulusan sebagai bukti prestasimu. Ayo, segera daftarkan dirimu di timoinstitut.com dan buktikan bahwa kemampuan berbahasa Jermanmu meningkat pesat hanya dalam waktu satu bulan!

Keyword:

#kelasbahasajerman

#tinggaldijerman2020

#kerjadijerman2021

#ausbildungindonesia

#hidupdijerman

#belajarbahasajermanonline

#kuliahdijermangratis

%grammartips

#hidupdijerman

%studyabroad

#sekolahdijerman

#kursusjermanserpong

#kursusjermantangerang

#timoinstitut

#kursusjermannative

#kursusjermanmurah

#kursusjermanonline

#kursusjermanbsd

#orangjermandiindonesia

#bahasajermanmudah

#kebiasaanorangjerman

#aupair

bahasajermanonline

bahasajermandasar

bahasajermanseharihari

beasiswajerman2020

sukarelawanjerman

sekolahvokasi

5 thoughts on “10 Cara Cepat Belajar Bahasa Jerman

  1. Hi Selvi,
    How are you?
    I don’t speak your language, but as far as I understood, you are giving German lessons, right?
    Congrats!
    Many greetings from lovely Gengenbach ❣️
    P.S.: 7: Wo ein Wille ist, ist auch ein Weg.

    1. Thanks so much Carmelina, I have revised accordingly.. Yes, you’re right, I run a German language course. Thank you and I miss you and lovely Gengenbach 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.